AKP Abdul Kholik : Team Saber Pungli Kab. Pemalang Selalu Bergerak Memantau dan Monitor Penggunaan Dana Kegiatan

SHARE:

AKP Abdul Kholik : Team Saber Pungli Kab. Pemalang Selalu Bergerak Memantau dan Monitor Penggunaan Dana Kegiatan

Tribratanewspemalang.com – Kasubag Hukum Polres Pemalang, AKP Abdul Kholik, SH melakukan sosialisasi Pencegahan Pungli di aula Kecamatan Pulosari, Kamis (8/2).

Camat Pulosari, perangkat Desa se-kecamatan Pulosari, BPD dan tokoh masyarakat perwakilan dari 12 desa menghadiri kegiatan sosialisasi yang dilakukan dalam rangka sosialisasi produk hukum Pemkab Pemalang.

Dalam acara tersebut AKP Abdul Kholik menjelaskan bahwa pungutan liar adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang pegawai negeri atau pegawai negara dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai dengan peraturan berkaitan dengan pembayaran tersebut.

“Dan Pungli tersebut sudah membudaya di Indonesia sehingga Presiden RI, Bapak Joko Widodo memerintahkan untuk dibrantas atau dihilangkan di Indonesia karena sangat merugikan masyarakat,” tegas AKP Abdul Kholik.

Dijelaskan pula oleh AKP Abdul Kholik bahwa oknum yang melakukan pungli dapat dijerat dengan pasal 423 KUHP dan pasal 368 KUHP serta UU nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Ia berharap dengan diadakannya sosialisani ini, aparat Desa/masyarakat lebih memahami dan mengerti hasil produk-produk Hukum yang dikeluarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang.

“Diharapkan aparat tingkat desa hingga kecamatan di wilayah Kab. Pemalang tidak melakukan penyelewengan dalam penggunaan dana-dana yang ada atau melakukan pungli. Karena Team Saber pungli Kab. Pemalang selalu bergerak memantau dan monitor Kegiatan yang ada dikewilayahan,” tegasnya.

Humas Polres Pemalang

COMMENTS

WORDPRESS: 0