Kapolsek bersama Forpimka Ulujami Tinjau Tebing Sungai Comal Yang Longsor

SHARE:

Kapolsek bersama Forpimka Ulujami  Tinjau Tebing Sungai Comal Yang Longsor

Tribratanewspemalang.com – Tebing sungai Comal di desa Pesantren kec. Ulujami kab. Pemalang, tiap musim penghujan selalu terkikis dan mengancam pemukiman penduduk, itu yang terlihat saat Kapolsek Ulujami Akp Bowo Widiyanto bersama muspika meninjau lokasi Abrasi. Rabu (22 – 2 – 2017).

Segala Upaya sudah ditempuh oleh Pemdes Pesantren kec Ulujami kab Pemalang, Selain upaya musrenbang, upaya desa lainnya adalah membuat proposal untuk dijukan ke dinas/ instansi terkait agar memperoleh bantuan untuk pembuatan tanggul. Upaya intern lainnya adalah setiap sepekan sekali yaitu pada Jumat pagi dilakukan kerja bakti jumat bersih, dimana setiap warga yang memiliki tanaman bambu untuk menyumbang dan ditancapkan di bibir atau tebig sungai Comal untuk mengurangi terjadinya longsor akibat gerusan air saat hujan ataupun banjir.

“Upaya ini cukup berhasil, namun terkadang sebagian bambu yang ditancapkan ada yang hidup ada yang mati, bahkan tidak kuat dan terbawa arus,” terangnya.

Camat Uujami, Yanuar Nitbani menambahkan, situasi alam yang terjadi khususnya di wilayah Kecamatan Ulujami utamanya di Desa Pesantren, pihaknya ikut prihtain. Dengan kondisi tebing atau bibir Sungai Comal yang semakin ke barat, bahkan lapangan yang hampir separoh tergerus, termasuk dampaknya adalah banjir berharap tidak akan sampai meluas lagi.

“Akan kami sampaikan ke Pemkab, untuk mencoba mengatasi yang tentunya meminta bantuan kepada pihak berwenang yang memiliki anggaran,” kata Yanuar didampingi Kapolsek Ulujami, AKP Bowo Widiyanto dan Kasi Trantib kec Ulujami Muhibin.

Dia menyampakan, sementara yang dilakukan adalah melakukan pendekatan dan himbauan kepada warga untuk tetap waspada. Warga agar tetap tenang dan bekerja seperti biasa sambil terus mewaspadai kemngkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Minimal targetnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan manakala terjadi longsor atau banjir, adalah tidak ada korban jiwa,”

Humas Polres Pemalang (AKP Lies)

COMMENTS

WORDPRESS: 0