Rawan Disalahgunakan, Kapolsek Pulosari Tekankan Bhabinkamtibmas Awasi Dana Desa

SHARE:

Rawan Disalahgunakan, Kapolsek Pulosari Tekankan Bhabinkamtibmas Awasi Dana Desa

Tribratanewspemalang.com – Kapolsek Pulosari, Iptu Ketut Astawa menuntut para Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Polsek Pulosari, Polres Pemalang, Polda Jawa Tengah untuk berperan aktif mengawal dan mengawasi penyaluran Dana Desa (DD) di desa-desa binaaannya, Kamis (11/1).

Hal tersebut, menurut Iptu Ketut Astawa karena makin meningkatkanya alokasi untuk Dana Desa (DD).

“Kondisi tersebut menuntut pengawasan yang lebih ketat agar tak rawan disalahgunakan,” jelasnya.

Kapolsek Pulosari mewanti-wanti para personel bhabinkamtibmas agar tak justru terjerumus dalam praktik korupsi. Ini berkaca pada banyaknnya kasus korupsi di daerah lain yang diketahui dilakukan oleh perangkat desa. Bhabinkamtibmas harus mengambil peran sebagai pengawal dan pengawas penyerapan DD.

”Untuk penindakan hukum terkait adanya dugaan penyelewengan, itu bukan tugas bhabinkamtibmas. Tapi, mereka punya tugas preventif dan preemtif,” papar kapolsek.

Keberadaan bhabinkamtibmas yang ikut mengawal penggunaan DD, diharapkan juga bisa menjadi peringatan para perangkat desa. Sehingga mereka benar-benar menjalankan pembangunan sesuai perencanaan dan secara transparan.

”Bhabinkamtibmas wajib mempertanyakan berapa anggaran dan digunakan untuk apa. Kalau bisa, pemerintah desa itu kembali memasang plakat desa di luar biar masyarakat itu tahu,” tegas kapolsek Pulosari.

Menindaklanjuti perintah pimpinan untuk mengawasi DD, Bhabinkamtibmas Desa Pulosari, Aiptu Ikhsan Maksun kali ini melaksanakan kegiatan monitoring dan rapat bersama dengan perangkat Desa dan Kades Pulosari dalam membahas rencana Pelaksanaan DD Tahun 2018 di Balai Desa Pulosari.

“Agar Pemerintah Desa tidak melakukan penyelewengan DD dan gunakan DD tersebut untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan kebutuhan. Dan kalau bisa, pemerintah desa itu kembali memasang plakat Desa di luar biar masyarakat itu tahu tentang penggunaan DD,” tegas Aiptu Ikhsan Maksun.

Humas Polres Pemalang

COMMENTS

WORDPRESS: 0