Satgas Bansos Polri akan Dampingi Penyaluran Bantuan Sosial

Tribratanewspemalang.com – Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Pemalang, Supadi mengatakan bahwa semua data penerima bansos langsung dari Kemensos, dan bukan dari Pemda Pemalang.

Hal tersebut ia sampaikan menanggapi fenomena penyaluran bantuan sosial yang ditengarai salah sasaran dalam rapat satgas pendampingan bantuan sosial Polres Pemalang dengan Dinas Sosial Kabupaten Pemalang, Bapeda Kabupaten Pemalang di ruang PPKO Polres Pemalang, Kamis (7/2/2019).

Kabag Ops Polres Pemalang, Polda Jawa Tengah, Kompol Alkaf Chaniago, SH, MH mengatakan ada beberapa permasalahan yang disampaikan pada saat vicon yang dipimpin langsung oleh Kapolri, Jendral Tito Karnavian tersebut.

“Data bansos di Pemalang masih menggunakan data tahun 2006. Dengan update data yang tidak akurat, bansos yang seharusnya diterima oleh yang memanfaatkan, akan tetapi malah diterima yang lain atau tidak tepat sasaran,” jelasnya.

Kompol Alkaf mengungkapkan masyarakat tahunya bansos ini dari Pemda Pemalang. Padahal bansos ini dari pusat sehingga masyarakat harus diberi pemahaman dengan cara sosialisasi.

Ia juga menjelaskan bahwa kriteria yang menerima bantuan ada tiga komponen, kesehatan, contoh ibu hamil, pendidikan contoh SD, SLTP SLTA, kesejahteraan sosial, contoh lansia (lanjut usia).

“Tugas Satgas Polri dalam bansos antara lain pendampingan update data, pendampingan sosialisasi, pendampingan distribusi bansos. Dan Satgas Gakkum melakukan pengawasan bansos dan apabila ditemukan melakukan penyimpangan, maka melakukan penegakan hukum,” tegasnya.

Sedangkan Kabid Sosial Dinsos Pemalang menjelaskan bahwa bantuan beras yang dulu bernama raskin, pada tahun 2017 berubah menjadi Rastra (Beras Sejahtera).

“Yang dulunya mendapat 15 kg dengan menebus, kemudian sekarang menjadi 10 kg tanpa menebus. BPNT atau bantuan pangan non tunai, ini bisa berupa beras atau dan atau telur, dengan cara menggesek kartu combo di E-Warong yang berjumlah 114 di Pemalang,” tambahnya.

Humas Polres Pemalang

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.