Operasi Zebra Candi 2018 Dimulai Hari Ini

Tribratanewspemalang.com – Kapolres Pemalang AKBP Agus Setyawan Heru Purnomo S.H., S.I.K. pimpin apel gelar pasukan operasi Zebra Candi 2018 bertempat di halaman depan Mapolres Pemalang, Selasa (30/10/2018).

Apel diikuti oleh para PJU, Anggota Polri Polres Pemalang dan Polsek jajaran, Kodim 0711/Pemalang serta pegawai Dishub Kabupaten Pemalang yang terlibat dalam operasi Zebra Candi 2018.

Kapolres Pemalang menyampaikan bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2018 yang akan digelar mulai tanggal 30 oktober sampai dengan 12 november 2018 di seluruh Polda.

“Guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang lebih baik menyonsong penghujung tahun 2018, Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Polisi Lalu Lintas yang didukung oleh satuan fungsi lainnya dengan melibatkan para pemangku kepentingan akan melaksanakan operasi Zebra 2018, Operasi ini dilaksanakan juga sebagai upaya cipta kondisi operasi Lilin tahun 2018 dalam rangka pengamanan Natal tahun 2018 dan tahun Baru 2019” Ungkap Kapolres.

Pada pelaksanaan operasi Zebra tahun 2018 kali ini ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yaitu pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Dengan dilakukan penegakkan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan operasi zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas, terwujudnya situasi kamseltibcar lantas menjelang perayaan Natal tahun 2018 dan tahun baru 1 Januari 2019.

Kapolres Pemalang menyampaikan pesan pada seluruh anggota agar memelihara dan menjaga kesehatan sehingga jiwa raga selalu prima dalam setiap pelaksanaan tugas, mengutamakan keselamatan dalam setiap pergerakan dan kegiatan, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta menunjukan sikap sebagai Polantas yang profesional.

“Kepada para atasan pada semua level, agar melaksanakan pengawasan secara berlapis dan berjenjang, sehingga operasi Kepolisian Zebra 2018 tidak dicederai oleh tindakan yang tidak terpuji” imbau Kapolres.

Pelaksanaan operasi Kepolisian berada pada rentang waktu pentahapan Pemilu Presiden & Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten kota, sehingga Kapolres Pemalang mengharapkan pelaksanaan Operasi Kepolisian Zebra 2018 akan diinformasikan kepada semua kementrian lembaga, pimpinan partai politik, unsur yang berada pada pemerintahan daerah serta semua elemen masyarakat sekaligus meminta dukungan untuk selalu berkontribusi positif dalam hal Kamseltibcar lantas.

“Dalam hal pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan agar melibatkan Pom TNI, kehadiran dan keberadaan unsur Pom TNI adalah dalam rangka perkuatan unsur pelaksana operasi, sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan” pesan Kapolres Pemalang.

Humas Polres Pemalang

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.