Pecanangan Kampung KB di Desa Panjunan Petarukan

Tribratanewspemalang.com – Kapolsek Petarukan AKP Amin Mezi S,SH,MH. menghadiri Pencanangan Kampung KB di Halaman rumah Ibu Wuryati Desa Panjunan Rt.11 Rw. 02 Kec. Petarukan Kab.Pemalang Jawa Tengah, Jum’at (31/08/2018).

Kegiatan Pecanangan Kampung KB Desa Panjunan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 Agustus 2018 dimulai pukul 14.30 wib, rangkaian acara tersebut diselenggarakan oleh Panitia Kampung KB dengan penanggung jawab kegiatan sdr Hermanto Ketua Kampung KB Desa Panjunan.

Hadir dalam kegiatan Perwakilan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Pemalang, Danramil Petarukan, Kapolsek Petarukan, Camat Petarukan yang diwakili Sekcam, Kepala UPT Puskesmas Klareyan, Penyuluh Lapangan KB Kec.Petarukan, Kades Panjunan, BPD Desa Panjunan, Tomas dan toga Desa Panjunan, Tim Penggerak PKK Desa Panjunan, dan Jumlah Peserta kl 70 orang.

“Desa Panjunan yang dicanangkan menjadi kampung KB masih banyak yang perlu diperhatikan baik Pembangunan, Pendidikan dan Kesehatan” Jelas Kades Panjunan sdr Suharno.

Kriteria untuk menjadi Kampung KB diantaranya Jumlah peserta KB dibawah rata – rata, Jumlah Perkawinan diatas rata – rata, kawasan miskin, kawasan tertinggal dan lain-lain. Imbuhnya.

“Pencanangan kampung KB ini merupakan program Pemerintah Pusat dimana untuk pertama kalinya dicanangkan pada tanggal 14 Januari 2016 di Kab. Cirebon” sambut Kasi Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan, sdri Dra. Retno Prihatini.

Pencanangan Kampung KB sesuai dengan Permendes dan merupakan program pemerintah yang tercantum dalam nawacita yaitu membangun dari Pinggiran.

Untuk tahun 2018 ini di Kab. Pemalang ada 19 kampung KB yang dicanangkan salah satunya adalah di Desa Panjunan.

“Sesuai rencana Kampung KB yang ada di Kab. Pemalang tiap bulan akan dievaluasi oleh Bpk. Bupati Pemalang untuk mengetahui perkembangannya, Kegiatan Kampung KB ini merupakan kegiatan lintas sektoral sehingga minta dukungan semua pihak” Tutur Dra Retno Prihatini

Camat Petarukan yang diwakili Sekcam RM. Slamet Agus Purnomo, SH, menyampaikan bahwa Pencanangan Kampung KB ini tidak hanya dicanangkan saja tetapi ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi.

“Saat ini golongan Masyarakat Pra Sejahtera di Desa Panjunan cukup tinggi dan peserta KB nya masih rendah sehingga dijadikan Kampung KB, mudah-mudahan dengan dicanangkan menjadi Kampung KB kedepannya Desa Panjunan lebih maju” Pungkas RM Slamet Agus Purnomo SH.

Humas Polres Pemalang

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.