Pelajar Moga Mendapat Pelatihan Safety Riding

tribratanewspemalang.com – Tim Satuan Lalu Lintas Polres Pemalang Polda Jawa Tengah dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) AKP Herdiawan Arifianto, S.H., S.I.K. melaksanakan kegiatan road show ekstrakurikuler safety riding di SMA Negeri 1 Moga dan SMK Al Falah Moga yang diikuti oleh siswa – siswi dua sekola. Jum’at (16/02/2018)

sudah menjadi tugas pokok Polri yakni memelihara keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dalam hal lalu lintas, Polri selalu menghimbau dan mengajak masyarakat untuk selalu mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) salah satunya dengan mengkampanyekan program safety riding.

Kegiatan yang di mulai hari kamis ini  diisi dengan materi baik teori maupun praktek. Materi teori antara lain prinsip safety riding, perilaku pengendara, kondisi pengendara, prosedur mengendara sepeda motor, teknik megendarai sepeda motor, tindakan antisipasi mengatasi masalah kondisi darurat, pengetahuan mekanikal dan etika berlalu lintas. Sedangkan materi praktek yang diberikan meliputi pemeriksaan kendaraan, maneuver maju (zig-zag), teknik pengereman yang baik dan aman, teknik menikung dan kecepatan reaksi saat kondisi kritis serta aturan putar balik.

“ Terampil mengendarai sepeda motor dengan aman dan benar, terampil mengantisipasi terjadinya kecelakaan, melatih kecepatan reaksi dan bekal pengetahuan tentang perlengkapan keselamatan baik kendaraan maupun perlindungan diri pengendara” ungkap Kasatlantas tentang tujuan diselenggarakannya pelatihan safety riding ini.

Sebagai penutup pelatihan, tim menguji kemampuan berkendara perwakilan peserta dan bagi peserta yang berhasil mendapat souvenir dari Satlantas Polres Pemalang. Lebih lanjut Kanit Binmas Polsek Moga Polres Pemalang Polda Jawa Tengah Aiptu Ali Rahmat yang mendampingi tim mengatakan bahwa Polsek Moga siap mengkoordinir apabila ada komunitas masyarakat maupun sekolah di wilayah kecamatan Moga yang ingin mendapatkan pelatihan serupa.

“Dengan pelatihan safety riding ini mudah – mudahan semakin menumbuhkan ketaatan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas khususnya warga masyarakat wilayah kecamatan Moga dan menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwasanya keselamatan merupakan kebutuhan” harapan dan himbauan Kanit Binmas Polsek Moga.

Humas Polres Pemalang

 

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.