Kapolsek Ampelgading : PSA Untuk Berikan Pemahaman Anak-Anak Pada Tugas Polisi

Tribratanewspemalang – Polisi Sahabat Anak (PSA) merupakan program Polri sebagai wujud nyata dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat terutama kepada anak-anak melalui kegiatan penyuluhan dan pembinaan, senin (11/02).

Polsek Ampelgading melaksanakan kegiatan PSA sekaligus menjadi pembina upacara setiap hari senin bertempat di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak wilayah Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

Bertempat di SDN 05 Tegalsari Timur Kecamatan Ampelgading, PSA diikuti oleh ratusan siswa dan para pendidik dengan antusias, senin (11/02/2019).

kegiatan PSA ini dipimpin oleh Kapolsek ampelgading Ajun Komisari Polisi H. Imam Khanafi, S.Ag didampingi oleh Kanit Binmas, Kanit Reskrim, Kanit Intelkam, Kasi Humas, Kanit Provoost dan ASN Polri Polsek Ampelgading.

“Melalui kegiatan PSA ini, diharapkan anak-anak paham tentang tugas mulia seorang polisi dan memiliki jiwa ksatria, jujur, disiplin dan memiliki karakter keteladanan pada saat mereka sudah dewasa nanti” ungkap AKP Khanafi.

“Juga si anak tidak phobia terhadap polisi yang menegakkan hukum, namun sebaliknya dapat ikut merasa bangga dengan profesi polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat” imbuhnya.

AKP H. Imam Khanafi, S.Ag memberikan materi kegiatan PSA kepada anak-anak terkait pengenalan rambu-rambu lalu lintas, menjelaskan fungsi dan kegunaan Helm, mengajarkan cara aman saat menyeberang jalan, pelopor keselamatan berlalu lintas serta pelajaran tentang lalulintas untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak.

Kapolsek Ampelgading mengatakan, kegiatan Polisi Sahabat Anak dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada profesi Polri dan menanamkan rasa disiplin serta taat peraturan lalu lintas sejak dini.

“Bukan itu saja, dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak tidak lagi takut kepada polisi, sebab selama ini jika melihat polisi mereka takut,” katanya.

Menurut kepala sekolah SDN 05 Tegalsari Timur Eko Hadi Wiryono S. Pd, M.Si, program Polisi Sahabat Anak ini merupakan kegiatan positif untuk menambah pengetahuan dan wawasan anak-anak pada tugas-tugas polisi, rambu-rambu lalu lintas dan lainnya.

“Saya pikir kegiatan ini sangat bagus, apalagi anak-anak terkadang takut dengan polisi, namun setelah bertemu langsung ternyata polisi ramah-ramah,” jelasnya.

Kapolsek menerangkan, selain untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada anak-anak, kegiatan PSA bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan para guru.

“Menjelang pemilu 2019, kita membangun kemitraan dengan para guru untuk bersama-sama ikut mengsukseskan pemilu yang damai, sejuk dan aman,” Tambah Kapolsek.

“Kegiatan PSA yang dilaksanakan Polsek Ampelgading pada jam upacara setiap hari senin mendapatkan dukungan dari para guru, karena memberikan pembelajaran dan pengenalan tugas polisi kepada anak didiknya,” pungkas kapolsek.

Humas polres pemalang

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.