Punya Asma dan Tidak Bisa Berenang, Eric Tenggelam di Curug Sibedil

Punya Asma dan Tidak Bisa Berenang, Eric Tenggelam di Curug Sibedil

Tribratanewspemalang.com – Seorang mahasiswa asal desa Pegiringan, kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, Eric Maulana (19) mengalami nasib naas, tenggelam di curug Sibedil, Moga, (13/4).

Tujuan utama dibangunnya objek wisata tentu saja sebagai tempat rileks dan melepas kepenatan rutinitas aktivitas warga. Namun tidak sedikit kejadian ditempat wisata yang justru menorehkan duka, baik oleh sebab manusia (human error).

Curug Sibedil merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di wilayah Moga, tepatnya di dukuh Karang bulu desa Sima kecamatan Moga Kabupaten Pemalang dengan menyuguhkan air terjun dengan kubangan air dibawahnya dengan luas lebih kurang lebar 6 meter panjang 14 meter dan kedalaman 5 meter.

Sibedil juga menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri nan eksotis. Sebab akses yang mudah serta murah menjadikan Sibedil akhir – akhir ini banyak dikunjungi oleh warga.

Namun  Sibedil yang cantik membawa nasib malang bagi seorang mahasiswa yang sedang menikmati rekreasi disana.

Adalah Eric Maulana (19) seorang mahasiswa dari desa Pegiringan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang yang tenggelam di kubangan Sibedil.

Bermula sekitar pukul 11.30 Wib korban dan rekannya M. Usman (19) yang juga mahasiswa asal desa Alas Malang kecamatan Sumpyuh Banyumas sedang berekreasi menikmati indahnya alam curug Sibedil.

“Setelah melihat – lihat pemandangan sekitar curug tiba- tiba korban membuka pakaian untuk berenang, sempat diperingatkan oleh Usman namun korban tidak menghiraukan dan masuk kedalam kubangan air dan langsung tenggelam,” cerita Ka SPKT I Polsek Moga Polres Pemalang Polda Jateng Aiptu Munaseh.

Melihat kejadian yang menimpa rekannya, Usman langsung berteriak meminta tolong, beruntung ada Lukman, M. Syifa dan Fatkhul Qorib yang semuanya warga Sima dan memberikan pertolongan dengan mengangkat badan korban. Sempat diberikan pertolongan pertama, karena tidak sadar korban dilarikan ke RS. Islam Moga guna pertolongan selanjutnya.

Namun malang, pada pukul 15.30 Wib nyawa Eric tak terselamatkan.

Aiptu Munaseh yang mendapatkan laporan langsung mendatangi tempat kejadian. Setelah memeriksa beberapa saksi kejadian dan koordinasi dengan pihak RS. Islam Moga bahwa benar, Eric meninggal karena tenggelam, bahkan berdasarkan visum diketahui bahwa korban meninggal karena serangan penyakit asma hal itu juga dikuatkan dengan keterangan pihak keluarga korban bahwa korban mempunyai riwayat penyakit asma dan juga tidak bisa berenang.

Dalam berbagai kesempatan personel Polsek Moga kerap memberikan himbauan kepada pengunjung curug Sibedil agar hati – hati dan waspada serta mematuhi petunjuk yang diberikan oleh pihak pengelola.

“Kita selalu himbau agar pengunjung selalu hati – hati dan waspada, tidak memaksakan diri hanya untuk mandi apalagi cuaca hujan seperti ini barangkali juga bias terjadi air bah mengingat lokasinya masuk daerah kaki gunung Slamet” ungkap Kapolsek Moga AKP Amin Mezi Syafiudin, S.H. melalui Ka SPKT I Aiptu Munaseh.

Humas Polres Pemalang (AKP Lies)

Tinggalkan Komentar